Apakah XAUUSD Hanya Dapat Diselamatkan oleh Sentimen Risk Appetite?

Apakah XAUUSD Hanya Dapat Diselamatkan oleh Sentimen Risk Appetite?

Diperbarui • 2023-08-17

XAUUSD berjuang keras mencari kekuatan untuk pulih dari penurunan tajam pada sesi Rabu, yang merosot mendekati level terendahnya sejak pertengahan Maret. Saat ini, XAUUSD masih tertahan di atas level 1.890 dan masih cukup rentan terhadap penurunan lebih lanjut setelah kemarin menembus di bawah Simple Moving Average (SMA) 200 yang sangat penting, yang terjadi untuk pertama kalinya sejak November 2022.

Dolar AS (USD) mempertahankan lintasan kenaikan yang telah dicapai selama sekitar sebulan terakhir, dan terus mendapat dukungan yang kuat dari kebijakan hawkish Federal Reserve (Fed), yang dianggap sebagai faktor kunci dalam menghambat kenaikan emas. Bahkan, risalah rapat kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC) pada 25—26 Juli mengungkapkan bahwa para pembuat kebijakan masih terpecah pendapatnya mengenai perlunya kenaikan suku bunga lebih lanjut, meskipun tetap memprioritaskan perlawanan terhadap inflasi.

Perlu diingat bahwa Indeks Harga Konsumen (CPI) AS menunjukkan kenaikan inflasi harga konsumen yang moderat pada bulan Juli. Selain itu, Indeks Harga Produsen (PPI) AS naik bulan lalu, meski sedikit di atas perkiraan pasar, dan menunjukkan bahwa upaya untuk mengembalikan inflasi ke target 2% Fed masih jauh dari kata selesai.

Ditambah lagi, data Penjualan Ritel AS yang positif pada awal minggu ini mengindikasikan bahwa belanja konsumen cukup kuat pada bulan Juli. Selain itu, data Makroekonomi AS yang lebih kuat yang akan dirilis, termasuk angka laporan Konstruksi Perumahan dan Produksi Industri pada hari Rabu, justru menunjukkan bahwa ekonomi sangat tangguh dan membuka peluang untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut untuk tahun ini.

Dengan begitu banyak faktor yang mendukung kenaikan suku bunga, hal ini menyebabkan penguatan lebih lanjut pada imbal hasil obligasi AS dan menjadi faktor lain yang membatasi kenaikan emas, yang tidak memiliki imbal hasil. Bahkan, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun menyentuh level tertinggi sejak 2008, dan mendorong USD ke level tertinggi dalam dua setengah bulan, yang kemudian membebani XAUUSD.

Sementara itu, meningkatnya kekhawatiran atas memburuknya kondisi ekonomi Tiongkok telah menahan minat investor terhadap aset-aset berisiko. Sentimen anti-risiko ini terlihat di pasar saham yang melemah, dan membuat para pelaku pasar enggan untuk membuka posisi jual (shorting) secara agresif pada XAUUSD, yang dikenal sebagai aset safe haven.

XAUUSD 18082023.jpg

Hal ini tampaknya menjadi satu-satunya faktor yang membantu membatasi penurunan XAUUSD, meskipun berbagai faktor fundamental dan penembusan harga di bawah SMA 200 yang signifikan secara teknis mengindikasikan bahwa jalur XAUUSD hanya mengarah turun. Penembusan harga di bawah 1.890 akan membawa XAUUSD turun menuju level Support terdekatnya di kisaran level 1.880 hingga  1.860.

Kelanjutan penurunan ini dikonfirmasi oleh Relative Strength Index yang meski menunjukkan upaya rebound, tetapi masih belum jauh dari area oversold. Selain itu, pola lower high yang terus terbentuk, pertanda pola yang dapat digunakan sebagai sinyal rebound, seakan memperkuat tren ini, meskipun mungkin akan kembali tertahan di sekitar area 1.960-1.950.

Perlu diperhatikan juga bahwa setiap upaya rebound yang terjadi hanya akan membuka peluang JUAL (SELL) di setiap pembentukan lower high.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera