Panduan Sukses Trading di 2020

Panduan Sukses Trading di 2020

Diperbarui • 2019-12-26

Tahun mendatang membuka dekade baru. Semua kejadian yang ada di Blade Runner seharusnya sudah terjadi. Apakah Anda merasa bahwa masa depan ada di sini? Dalam artikel ini, kita akan melihatnya dari sisi ekonomi. Akankah tren yang kita amati pada 2019 berlanjut di 2020? Apa yang bakal terjadi dengan ekonomi global? Dan terakhir, aset-aset apa saja yang akan memberikan peluang investasi dan trading terbaik? Baca laporannya yang telah disiapkan oleh tim analis FBS untuk menemukan jawabannya. 

Menutup 2019

Belajar dari pengalaman itu sangat penting. Dengan mengkaji topik-topik utama tahun lalu, Anda bisa mempelajari berbagai hal yang bermanfaat bagi Anda di masa yang akan datang.

1.jpg

Musim perang dagang

Sepanjang tahun lalu, pasang surut tensi dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok datang silih berganti. Topik ini hampir selalu terlibat dalam pengambilan setiap keputusan trading. Tahun 2020 akan diawali dengan penandatanganan fase satu dari perjanjian dagang oleh para pihak terkait. Namun, tidak semua isu telah terselesaikan. Beberapa pakar mengatakan bahwa perdamaian dagang akan tercapai dalam kurun 5-10 tahun, sedangkan beberapa lainnya meyakini bahwa perang dagang akan berlangsung selamanya. Kami berpendapat bahwa di tahun yang baru nanti situasinya akan jauh lebih tenang dengan isu-isu utama terkait perdagangan pun akan jauh lebih sedikit. Para investor mungkin akan menjadi lebih berani dalam mengambil risiko dan memanfaatkan setiap peluang yang ada khususnya dari minyak dan saham. Namun bagaimanapun juga, untuk mengantisipasi kehadiran berita yang tidak diharapkan, perlu menerapkan manajemen risiko dengan baik.

Ketakutan terhadap resesi AS

Potensi resesi di Amerika Serikat banyak menghiasi halaman utama di berbagai media. Para analis mencatat sebuah fenomena yang disebut "inversi kurva yield". Secara singkat, ini merupakan situasi abnormal di mana pinjaman uang meningkat dalam jangka waktu singkat dibanding pinjaman jangka lama. Pada tahun-tahun sebelumnya, inversi yang demikian ini membuat ekonomi AS meradang. Namun, kurva yield kali ini menunjukkan pemulihan yang cepat sehingga membuat para ekonomi bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya. Ekonomi AS masih memiliki beberapa masalah. IMP manufaktur ISM mencatatkan penurunan hingga di bawah level kunci 50 poin untuk pertama kalinya sejak 2016. Ditambah lagi tingkat pengangguran yang jatuh ke level terendah dalam 50 tahun terakhir dan NFP yang menunjukkan angka terbaiknya dalam 10 bulan terakhir, yakni di bulan November, jadi kondisinya tidaklah sesuram yang terlihat.

Ketakutan resesi telah mereda dan ini menguntungkan bagi USD.

ECB: perubahan kepemimpinan 

Mario Draghi yang telah mengetuai Bank Sentral Eropa (ECB) sejak 2011 akhirnya melepaskan jabatannya. Penerusnya, Christine Lagarde, mantan Ketua Dana Moneter Internasional, tidak memiliki pengalaman dalam memimpin bank sentral. Sejauh ini, dia hanya memberikan sedikit isyarat bahwa pelonggaran kebijakan moneter akan diubah. Hal ini membuat penguatan EUR menyempit.

Brexit

Sukar dipercaya bahwa setelah menjalani negosiasi yang alot selama hampir 3 tahun, masa depan Brexit akhirnya menemui titik terang. Tahun 2019 akan dikenang sebagai peralihan tongkat kepemimpinan Perdana Menteri dari Theresa May ke Boris Johnson dan penguatan posisi politik Johnson dengan menggelar dan memenangkan pemilu. Janji Johnson adalah "penyelesaian Brexit" dalam waktu singkat. Batas waktu yang disepakati dengan Uni Eropa untuk saat ini adalah 31 Januari 2020. Kini sang PM memiliki dukungan Parlemen untuk menekan melalui undang-undang Brexit. Namun, hal ini meninggalkan satu pertanyaan, yaitu apakah Johnson dan UE benar-benar mampu mencapai kesepakatan? Segala keraguan terhadap hal ini akan melukai GBP.   

2020: peristiwa yang akan datang 

15.jpg

Pemilihan umum presiden AS 

Amerika akan memilih presiden barunya pada 3 November. Donald Trump kemungkinan akan kembali menjadi pesaing dari pihak Republik. Sejauh ini perwakilan dari Demokrat belum dapat dipastikan. Secara keseluruhan, di era kepemimpinan Trump, kondisi pasar keuangan tergolong baik karena pendekatan pro-bisnisnya. Jika dia mampu menduduki kembali ruang kerja presiden, S&P 500 akan berpeluang untuk melanjutkan tren bullish-nya. 

Kebijakan the Fed 

Pada pertemuan terakhir, Bank Sentral AS telah mengisyaratkan bahwa tingkat suku bunga federal kemungkinan besar akan dipertahankan pada 2019. Akan tetapi, keinginan bank sentral ini dapat berubah dalam beberapa bulan berikutnya, sebab the Fed selalu mempertimbangkan situasi ekonomi dalam setiap pengambilan keputusannya. Kami memperkirakan, selama penurunan suku bunga tetap menjadi pilihan, regulator tidak akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga, karena kekhawatiran resesi sendiri belum sepenuhnya hilang. Kebijakan semacam ini tentunya akan membatasi penguatan USD dan mendukung pasar saham. 

Aset

грфики.jpg

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini, mata uang-mata uang mayor sering diperdagangkan dalam range. Sementara mata uang-mata uang eksotik dan komoditas mencatatkan selisih terbesar antara harga pembukaan dan penutupan di tahun ini. Akankah situasi ini terulang di tahun 2020? Di bawah ini Anda akan melihat proyeksi dari kami untuk aset-aset utama tersebut. 

Mata uang mayor

12.jpg

EUR dan GBP 

Performa euro akan sangat tergantung pada kemampuan penemuan titik terendah kawasan ekonomi euro dan pemulihannya. Dan faktanya juga akan kembali pada perkembangan Brexit dan kondisi ekonomi Tiongkok. Secara keseluruhan, EUR memiliki peluang yang lebih baik ketimbang di 2019, meski kebijakan ECB merepresentasikan sebuah faktor negatif. Untuk EUR/USD, level-level kuncinya berada di sisi atas, yaitu 1.1355 dan 1.1478, di situ moving average mingguan berada. 

Sementara pound akan digerakkan oleh peristiwa pasca-Brexit. Akankah Boris Johnson berhasil mencapai kesepakatan perdagangan bebas dengan UE, dan seandainya demikian, seberapa cepat? Semakin cepat dilakukan, semakin baik untuk GBP. Mayoritas parlemen akan menyerahkan sepenuhnya kepada Johnson. Perjanjian ekonomi yang solid dengan Uni Eropa akan membuka jalan bagi GBP/USD untuk menuju 1.40/1.44. Jika perundingan berjalan alot, pasangan ini dipastikan akan menguji ulang 1.20.      

JPY dan CHF

Penurunan permintaan terhadap aset-aset safe haven akan menjadi faktor negatif bagi yen Jepang dan franc Swiss. Sehingga dianjurkan untuk melakukan analisis teknikal dan mengonfirmasi tren, tapi gagasan bahwa JPY dapat melemah terhadap mata uang lain dapat memberikan ide-ide trading yang jitu. USD/JPY memiliki level 114.00 sebagai target ke atas. CHF cenderung lebih kuat daripada JPY, sehingga USD/CHF akan menemukan resistance di sekitar level paritas (1.0000). 

AUD, NZD, CAD

Ketiga mata uang ini menjalani periode sulit sepanjang 2019. Hal ini wajar karena kekhawatiran perdagangan yang berkelanjutan membuat para investor enggan untuk meliriknya. Ini berlaku terutama untuk AUD dan NZD, yang sangat terekspos pada Tiongkok. Di sisi lain, ketiganya berhasil menemukan support terhadap USD dan menunjukkan tanda-tanda stabil. Sekarang tinggal menunggu apakah mereka mampu mengatasi resistance tren turun jangka panjangnya atau tidak. Contoh, untuk AUD/USD, hambatan utama di atas berada di 0.70.

Mata uang eksotik

13.jpg

BRL 

Real Brasil telah berada di bawah tekanan buruk terhadap USD karena masalah politik dalam negeri. Presiden baru Jair Bolsonaro harus menghadapi gerakan oposisi yang kuat. Lelang minyak yang ditujukan untuk menarik investasi besar-besaran gagal, dan upaya bank sentral untuk melakukan intervensi di pasar mata uang membuat Donald Trump kesal dengan merilis tarif impor Brasil. Analis FBS Hamilton Lopes pesimis terhadap prospek BRL di tahun 2020: "mata uang Brasil tidak akan mampu membuat USD/BRL meluncur ke bawah 4.00 di masa yang akan datang". Terlepas dari rasa simpati kami terhadap warga Brasil, kajian ini menawarkan ide trading yang baik untuk melakukan aksi beli pada USD/BRL. 

MXN 

Performa ekonomi Meksiko di tahun 2019 tidak membuat para investor terkesan. Alasan utamanya ialah karena kelanjutan hubungan yang tidak harmonis Meksiko dengan Amerika Serikat, sebagai mitra dagang nomor satu mereka. "Peluang bahwa Kongres Amerika menerima perjanjian perdagangan bebas T-MEC di 2020 telah meningkat. Jika ini terjadi, maka kegiatan ekspor dan komersial Meksiko akan pulih," pikir Tibisay Ramos, analis FBS di Spanyol dan Amerika Latin.

USD/MXN telah menjalani konsolidasi dalam pola triangle selama beberapa tahun terakhir. Level-level yang harus diperhatikan pada sisi penurunan mencakup 18.70, 18.50 dan 18.00. Penguatan USD akan membawa harga ke 19.60 dan batas atas triangle di zona level 20.00.

TRY 

Lira Turki mengalami masa-masa sulit selama beberapa tahun terakhir akibat faktor politik dan masalah ekonomi. Menurut analis FBS Onur Erkan Yildiz terkait mata uang nasionalnya, "Kami memperkirakan akan terjadi peningkatan dalam inflasi dan pengangguran di Turki. Namun, peralihan terbaik secara fundamental bisa dibilang tidak mungkin. Lira berpeluang besar akan kembali mengalami kerugian terhadap USD. Untuk USD/TRY, kami menargetkan level 6.40 di tahun 2020." 

Komoditas

11.jpg

Minyak

Minyak telah terkonsolidasi pada 2019: pemandangan grafik Brent menunjukkan bahwa harga mengalami perubahan yang lebih kecil dibanding pada tahun sebelumnya. Prospek pertumbuhan yang lebih baik dalam perekonomian dunia menandakan permintaan akan minyak yang lebih tinggi. Dari sisi pasokan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada bulan Desember sepakat untuk meningkatkan pemangkasan produksi sebanyak 500.000 barel per hari hingga Maret 2020. Tidak hanya itu, Arab Saudi juga memperpanjang pemangkasan produksi secara sukarela. Keterbatasan produksi minyak juga memberikan dampak positif terhadap harganya.

Analis FBS Elizabeth Belugina menekankan bahwa pertemuan OPEC di Wina pada bulan Maret 2020 mendatang akan menjadi momen penting di mana para produsen minyak akan memutuskan jumlah minyak yang akan diproduksi hingga di akhir tahun tersebut.

Dengan menimbang semua yang disebutkan di atas, kita dapat memperkirakan bahwa dalam kasus terburuk, minyak setidaknya masih bisa mendapatkan dukungan di tahun 2020. Skenario terbaiknya adalah kenaikan Brent ke titik tertinggi 2019 di $75.60 dan puncak 2018 di $86.70.

Emas

Ketidakpastian global sepanjang 2019 telah mendorong harga emas naik. Logam kuning ini naik dari level di bawah $1.260 pada Januari ke titik tertinggi Agustus di atas $1.460. Penggerak utama berkaitan erat dengan ketidakpastian dagang AS-Tiongkok, sikap dovish the Fed, konflik antara AS dan Iran, aksi militer Turki di perbatasan Suriah dan ancaman nuklir Korea Utara. 

Meredanya tensi perang dagang menggiring pada konsolidasi harga. Namun, banyak analis menilai terlalu dini untuk membebaskan emas mengingat tensi dagang masih jauh dari kata berakhir. Oleh karena itu, level $1.600 dan bahkan $1.700 tetap terbuka lebar. Perlu diingat, selain tensi dagang AS-Tiongkok, faktor-faktor positif lain bagi logam ini adalah kekhawatiran menjelang pemilu presiden AS. 

Saham

14.jpg

S&P 500

2019 menjadi tahun yang luar biasa bagi pasar saham Amerika. Analis FBS Darya Bobrova mengamati penyebab di balik kelanjutan tren ini, "S&P 500 diperkirakan akan tetap berada di atas level $3.000. Meskipun demikian, kenaikannya tidak akan setinggi seperti di tahun 2019". Beberapa penyebab perlambatan pertumbuhan indeks adalah pertumbuhan ekonomi AS yang lebih lambat, pengurangan buyback saham, volatilitas tinggi akibat pemilu presiden, serta risiko perdagangan yang berkelanjutan. 

Saham-saham privat juga akan menarik atensi besar di tahun 2020. Anda akan menemukan beberapa di antaranya di bawah ini. 

Disney vs Netflix: perang streaming 

2020 akan menjadi medan pertempuran bagi dua raksasa: Disney dan Netflix. Kedua perusahaan saat ini menawarkan layanan streaming yang mencakup film, serial, dan acara TV, dan keduanya memiliki sama-sama memiliki ambisi yang kuat: Netflix ingin tetap menjadi yang nomor 1 seperti sekarang, sedangkan Disney ingin menjadi nomor 1 dengan menaklukkan pasar. 

Dari sisi kinerja, Disney menunjukkan progres yang lebih menonjol selama satu tahun terakhir, dan saat ini berada di area $147. Sedangkan Netflix diperdagangkan di sekitar $315 per saham. Harga ini telah meningkat sejak Oktober tahun ini, tapi tren turun secara keseluruhan belum berubah. 

Analis Gaspar Markosyan menganggap Disney sebagai peluang investasi yang brilian. Inti bisnis yang kuat, basis penggemar yang setia, dan peluang ekspansi yang luas setelah peluncuran Disney+ baru-baru ini membuka banyak ruang bagi pertumbuhan saham perusahaan.

Apple dan perang dagang 

Para analis menyebutkan bahwa ketidakpastian AS-Tiongkok telah menjadi kendala utama bagi saham Apple untuk beranjak naik ke posisi yang semestinya. Kini, setelah kesepakatan fase satu tercapai, jalan bagi Apple untuk memenuhi ambisinya kembali terbuka. Selain itu, perusahaan tidak lama ini merilis iPhone 11 dan membeberkan visinya untuk beberapa tahun ke depan – ini menjadi faktor lain bagi pertumbuhan harga saham. Kinerja terbaik sejak 2009 dibuktikan dengan pencapaian harga saham di level $270. Tidak hanya itu, para analis juga optimis bahwa harga saham Apple akan melonjak menjadi $325 di tahun 2020. Jelas ini adalah ide trading yang layak untuk dipertimbangkan.

Tesla

Kendati sempat mencatatkan pendapatan yang mengecewakan pada kuartal pertama dan kedua, serta terganggu oleh perang dagang AS-Tiongkok, saham Tesla mampu menutup 2019 dengan gemilang. Perusahaan berhasil menjaga angka keuangannya stabil pada akhir tahun, dan persembahan Cybertruck bertenaga listrik yang unik dan inovatif menghidupkan kembali minat para investor. Beberapa pakar pun melabelinya sebagai saham yang "harus dibeli" oleh semua trader, dengan memprediksi kenaikan sampai di atas $420 di tahun 2020. Analis FBS Ekaterina Gorbatenko melihat Tesla sebagai ladang investasi yang menarik. Pabrik baru di Jerman dan model kendaraan baru dapat menopang penjualan Tesla secara keseluruhan. Pada saat yang sama, Ekaterina merekomendasikan agar memeriksa laporan penghasilan perusahaan bulan Januari untuk mengetahui efektivitas kampanyenya. 

Semoga tahun 2020 penuh kebahagiaan dan sukses selalu dalam karier trading Anda! Ikuti kami di Facebook dan Telegram untuk mengetahui perkembangan terbaru!

Laporan ini dibuat oleh tim analis FBS: 

12 (4).jpg

Menyerupai

Gas yang membara
Gas yang membara

Gas meroket dengan kecepatan yang luar biasa selama beberapa minggu terakhir. Gas telah naik lebih dari 17% sejak tanggal 18 Agustus. Apa yang menyebabkan pergerakan seperti itu?

Berita terbaru

Trend Bullish AUDUSD Masih Berlanjut
Trend Bullish AUDUSD Masih Berlanjut

Pergerakan grafik nilai tukar pasangan mata uang AUDUSD masih melanjutan pergerakan naiknya pada perdagangan di akhir pekan ini Terdapat beberapa faktor pendukung bagi naiknya pair AUDUSD diantaranya adalah data ekonomi negri kangguru tersebut…

Pola Inverted Head and Shoulder Pada Pair Emas
Pola Inverted Head and Shoulder Pada Pair Emas

Pergerakan nilai tukar Emas terhadap mata uang US Dollar mengalami penguatan yang cukup drastis Uniknya menguatnya harga emas kali ini terjadi justru ditengah menguatnya Index US Dollar…

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera