XAUUSD Bertahan Di Area 1,960 Di Tengah Fokus Pasar Pada Data CPI AS

XAUUSD Bertahan Di Area 1,960 Di Tengah Fokus Pasar Pada Data CPI AS

Diperbarui • 2023-06-13

XAUUSD stabil di sekitar area 1,960 sementara para trader enggan masuk ke pasar menantikan data inflasi konsumen AS. Harga emas sedikit menguat, untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir, dan tetap dalam kondisi positif. XAUUSD saat ini naik lebih dari 0,20% meski minimnya faktor pendongkrak untuk melanjutkan kenaikan.

Kenaikan Bullion in juga tak lepas dari aksi jual dolar AS setelah mata uang AS itu kesulitan memanfaatkan kenaikan yang terbatas dalam dua hari terakhir dan kembali mengalami tekanan baru imbas proyeksi pasar terhadap Federal Reserve yang akan menghentikan sementara siklus kebijakan pengetatan yang berlangsung selama setahun.

Kenaikan suku bunga yang tidak terduga oleh bank sentral besar seperti Reserve Bank of Australia (RBA) dan Bank of Canada (BoC) pekan lalu menunjukkan bahwa perang melawan inflasi belum berakhir. Selain itu, inflasi di AS masih berada di atas target 2%. Meningkatnya proyeksi kenaikan suku bunga tambahan oleh European Central Bank (ECB) dan Bank of England (BoE) juga berperan membatasi kenaikan XAUSUD.

Minggu yang cukup sibuk dimulai dengan rilis data inflasi konsumen terbaru AS, yang dijadwalkan pada sesi awal Amerika Utara. Jika data Consumer Price Index (CPI) AS lebih kuat dari perkiraan, akan meningkatkan harapan kebijakan Fed yang lebih hawkish, yang akan mengumumkan keputusan kebijakan pada hari Rabu. Ini akan diikuti oleh pertemuan ECB pada hari Kamis dan pembaruan kebijakan moneter BoJ pada hari Jumat.

Analisa Teknikal XAUUSD

XAUUSD 13062023.jpg

XAUUSD yang saat ini cukup stabil mempertahankan momentum kenaikannya, terlihat cukup nyaman berada di atas indikator Moving Average 50 (MA50), MA100 dan MA200. Yang artinya, secara teknikal, bullion dalam tren Bullish meski saat ini bergerak di rentang harga di mana XAUUSD bergerak dalam tiga pekan terakhir di area 1,967/1,954.

Penembusan ke atas level 1,966 yang menjadi level Resistance terdekatnya, berpotensi membawa XAUUSD lanjutkan kenaikan menuju level resistance selanjutnya di 1,973 hingga level 1,983, yang dapat dijadikan area untuk open posisi BUY. Namun, Jika gagal mempertahankan traksinya, XAUUSD berpotensi kembali melemah menuju level 1,955 yang diikuti dengan penembus di bawah indikator MA100 dan MA200 dan berpotensi lanjutkan penurunan hingga level 1,945.

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera