Bagaimana cara memilih saham?

Bagaimana cara memilih saham?

Diperbarui • 2021-09-16

Bagaimana cara memilih saham?

Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi di saham, tapi saham apa yang harus dipilih dan bagaimana caranya? Baca artikel ini dan Anda akan mendapatkan panduan langkah demi langkah untuk memilih saham yang tepat.

Mari pelajari dasar-dasarnya

Untuk memahami apakah saham tersebut berpotensi untuk tumbuh atau tidak, Anda perlu mengetahui istilah-istilah berikut.

Rasio P/E

Rasio harga terhadap pendapatan (rasio P/E) adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan oleh para investor untuk menentukan penilaian saham. P/E dihitung sebagai harga per saham dibagi laba per saham. Untuk mengetahui harga per saham saat ini, Anda dapat membuka  aplikasi FBS Trader atau MetaTrader 5. Untuk mendapatkan laporan pendapatan terbaru dari perusahaan tertentu, Anda cukup google “[nama perusahaan] hubungan investor” dan Anda akan mendapatkan waktu persis rilis penghasilan, laporan sebelumnya, dan laporan lengkap sebenarnya setelah keluar.

внутренняя howtochoosestocks_1.jpg

Rasio P/E hanya menunjukkan berapa banyak investor membayar untuk profit satu dolar. Para investor menggunakan indikator ini untuk membandingkan saham yang berbeda atau bahkan satu saham dengan catatan sejarahnya.

P/E yang tinggi dapat berarti bahwa harga saham relatif tinggi terhadap pendapatan dan mungkin dinilai terlalu tinggi. Sebaliknya, P/E yang rendah mungkin menunjukkan bahwa harga saham saat ini relatif rendah terhadap pendapatan.

Secara umum, jika P/E tinggi, para investor dapat mengharapkan pertumbuhan laba yang lebih tinggi di masa depan dibandingkan dengan perusahaan dengan P/E yang lebih rendah. Namun, P/E yang rendah dapat menandakan bahwa perusahaan dinilai terlalu rendah dan oleh karena itu berpotensi untuk naik atau bahwa perusahaan tersebut bekerja sangat baik dibandingkan dengan tren masa lalunya.

P/E apa yang sudah tinggi dan apa yang sedang rendah?

Tidak ada aturan ketat untuk mendefinisikan P/E sebagai nilai yang rendah atau tinggi, tetapi, biasanya, rasio P/E di bawah 14 berarti harga saham tersebut rendah, dan di atas 20 biasanya dianggap tinggi.

Apakah P/E rendah itu lebih baik?

внутренняя.jpg

Sebagian besar investor lebih suka berinvestasi pada saham dengan rasio P/E yang lebih rendah karena ini berarti perusahaan-perusahaan tersebut memiliki ruang untuk naik lebih jauh, tetapi juga melindungi dari sisi negatifnya, karena bisnis yang lebih murah cenderung jatuh lebih murah daripada bisnis yang lebih mahal selama jatuhnya pasar. Tentunya, Anda tidak ingin membeli perusahaan termurah. Rasio P/E yang secara signifikan lebih rendah daripada rata-rata di segmen saham mungkin merupakan tanda negatif.

Saham

Rasio P/E

Goldman Sachs

9.17

 

Citigroup

9.89

Intel

12.58

 

Philip Morris

17.72

Qualcomm

18.49

Pfizer

20.03

Alibaba

26.10

Facebook

26.22

Google

30.22

MasterCard

56.30

Netflix

59.94

Hasil dividen

Perusahaan membayar beberapa persentase dari nilai saham kepada investornya, yang disebut dividen. Hasil dividen adalah pembayaran dividen tahunan dibagi harga saham. Jika sebuah perusahaan meningkatkan pembayaran dividennya setiap tahun, hal tersebut berarti merupakan sinyal positif bagi para investor karena menunjukkan keberlanjutan ekonominya selama beberapa periode waktu. Ada beberapa perusahaan di S&P 500 yang menaikkan dividennya selama 25 tahun berturut-turut. Mereka disebut sebagai aristokrat dividen. Beberapa diantaranya adalah Coca-Cola, McDonald’s, Procter & Gamble, dll.

Tipe-tipe saham

Growth stock adalah yang diharapkan tumbuh lebih cepat daripada saham lainnya, dan itulah sebabnya dinamai demikian. Terkadang, mereka bisa lebih berisiko tetapi para trader lebih suka memilih mereka karena potensinya yang dapat menjadi lebih besar pada akhirnya. Contohnya adalah Google dan Amazon. Mereka tidak pernah membayar dividen karena perusahaan-perusahaan ini lebih suka menggunakan modal yang tersedia untuk berinvestasi dalam bisnis internal.

Income stock adalah saham yang tidak mudah berubah tetapi memiliki latar belakang yang baik dalam membayar dividen lebih tinggi daripada saham lain. Contohnya, AT&T, perusahaan telekomunikasi raksasa.

Value stock adalah mereka yang kurang dihargai oleh pasar. Mereka ditrading dengan harga yang lebih rendah daripada harga perusahaan yang mendasarinya, menurut investor/analis. Triknya adalah menemukannya lebih cepat daripada investor lainnya! Ketika orang lain menyadari potensinya, pemilik saham tersebut akan diuntungkan. Contohnya adalah General Motors dan Ford.

Blue-chip stock adalah saham yang telah meningkat dalam waktu lama dan dianggap sebagai investasi berisiko rendah. Namun, mereka cenderung meningkatkan lebih lambat dibandingkan growth stock atau saham dengan imbal balik yang tidak sebaik income stock. Contohnya adalah Microsoft dan Alibaba.

Defensive stock adalah saham perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang diperlukan sehingga orang akan membelinya apa pun yang terjadi. Mereka termasuk saham perusahaan makanan dan minuman serta perusahaan farmasi. Contoh yang bagus adalah retail raksasa bernama Walmart.

Cyclical stock umumnya mengikuti siklus pertumbuhan dan resesi ekonomi – mereka meningkat pada saat ekspansi ekonomi tetapi jatuh selama resesi dan ketidakstabilan pasar. Saham siklikal biasanya adalah industri travel dan perhotelan, pembuat mobil, dan bank.

Speculative stock biasanya adalah perusahaan muda dengan teknologi revolusioner atau produk unik. Kinerja saham-saham ini sulit diprediksi, dan dianggap sebagai investasi berisiko tinggi karena nilai pengembalian yang tinggi selalu disertai dengan risiko tinggi.

Bagaimana cara membuat portofolio saham?

Diversifikasi

Ini adalah rekomendasi yang paling universal untuk para investor saham. Diversifikasi adalah gagasan untuk tidak meletakkan semua telur dalam satu keranjang – namun mengumpulkan berbagai saham yang akan bereaksi berbeda pada peristiwa ekonomi yang sama. Tujuannya adalah untuk meminimalkan risiko pergerakan harga yang tidak terduga dari suatu aset. Untuk melakukan diversifikasi, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Investasikan dalam berbagai sektor. Cobalah untuk memilih salah satu yang memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Misalnya, saham perawatan kesehatan, saham mobil, dan saham bank akan menjadi kombinasi yang sempurna. Cara lain untuk melakukan diversifikasi adalah antara pertumbuhan dan nilai saham; saham siklikal dan defensif.
  2. Beli kedua saham undervalued (yang sedang kurang dihargai dipasar) dan saham yang berpotensi tumbuh lebih tinggi dan raksasa yang telah terbukti selama puluhan tahun seperti Amazon atau Google.
  3. Variasikan perusahaan’ dari segi ukuran dan jenis.

Berpikir jangka panjang

Dalam jangka pendek, saham yang dipilih dapat berfluktuasi, turun selama guncangan pasar, tetapi Anda harus tetap berpegang pada rencana jangka panjang Anda terutama selama pasar yang bergejolak tinggi. 

Ikuti terus berita dan tren pasar

Pantau terus berita pasar saham dan juga opini para ahli. Contohnya, sekarang kendaraan listrik sedang hype karena Biden berencana membuat AS bebas karbon dan para analis memperkirakan masa depan yang cerah bagi saham EV. Namun, bukan hanya Tesla, ada saham lain seperti Ford dan General Motors yang mencoba beralih dari kendaraan bensin ke kendaraan bertenaga listrik dan juga dipandang sebagai value stock. Perhatikan dengan baik tren pasar saham secara keseluruhan dan berita tentang perusahaan tertentu yang Anda miliki atau Anda minati.

Kesimpulan

Ini informasi yang lumayan banyak untuk diserap. Jika Anda membacanya sampai akhir, maka Anda adalah seorang pahlawan! Luangkan waktu Anda, pahami semua pengetahuan ini dan temukan saham favorit Anda!

Ingat Jika Anda merasa kewalahan, sebaiknya mulai dengan berinvestasi pada dana indeks. Begini cara Warren Buffett menasihati para walinya untuk mengelola uang yang akan dia serahkan kepada istrinya: “Masukkan 10% dari uang tunai ke obligasi pemerintah jangka pendek dan 90% dalam dana indeks S&P 500 yang berbiaya sangat rendah”.

2_howtochoosestocks_3.png.jpg

TRADING SEKARANG

Menyerupai

Saham siklikal
Saham siklikal

Sementara pertumbuhan saham mengalami tren naik selama satu tahun terakhir, sekarang saatnya untuk saham siklikal memimpin!

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera